Kapal Titanic Tenggelam Gara-gara Aurora Borealis


 
RMS Titanic menabrak gunung es pada 15 April 1912 serta terbenam beberapa saat selanjutnya, tewaskan lebih dari seribu orang. Sekarang lebih dari seabad selanjutnya, periset mempunyai teori baru mengenai pemicu tenggelamnya kapal penumpang raksasa ini.

Trik Mahir Taruhan Bola Sbobet

Seorang periset cuaca serta bekas programmer computer, Mila Zinkova dalam studinya menjelaskan Titanic sedikit keluar dari jalannya serta menabrak gunung es, sebab aurora borealis yang ada saat malam celaka itu.

Diambil detikINET dari Science Times, Sabtu (19/9/2020) Zinkova lakukan studinya berdasar pernyataan saksi mata serta korban selamat pada malam itu. Dia berpendapat jika badai geomagnetik yang berlangsung kemungkinan lumayan besar untuk memengaruhi skema navigasi Titanic dengan cara relevan.

Salah satunya penumpang yang selamat dari kejadian itu ialah penulis Lawrence Beesley yang menggambarkan aurora yang dilihatnya waktu kapal terbenam untuk sinar yang kabur di langit dibagian kanan depan kapal.

Disamping itu, seorang crew dari RMS Carpathia James Bisset menjelaskan dia lihat aurora satu jam sebelum Titanic menabrak gunung es. RMS Carpathia ialah kapal penumpang yang ikut menolong selamatkan korban selamat Titanic.

Dalam catatannya dia menulis jika cuaca nampak tenang serta laut mulus tanpa ada angin. Waktu itu langit nampak cerah serta bintang-bintang cemerlang benar-benar jelas, tapi tidak ada bulan, cuma aurora borealis yang nampak dari ufuk utara.

Dari kesaksian itu, Zinkova menjelaskan masalah dari badai geomagnetik itu kemungkinan mengganggu transmisi radio di antara Titanic serta kapal lain di sekelilingnya, yang memblok panggilan serta pesan genting dari kapal yang terbenam.

Tetapi masalah magnet ini kemungkinan dengan tidak menyengaja menyeimbangi kekeliruan itu dengan mengirim tempat Titanic ke kapal lain, yang membimbing kapal penyelamat malah ke tempat sekoci Titanic yang betul.

Masalah cuaca luar angkasa ini kemungkinan memengaruhi skema navigasi di RMS Carpathia. Kapal itu terima koordinat yang tidak tepat yang selanjutnya membimbing mereka ke tempat sekoci yang ditumpang penumpang Titanic.

Zinkova menyangkutkan kejadian ini dengan kekeliruan dari kompas yang berasal dari suar matahari (solar flare) serta menjelaskan sinar dari aurora berperan dalam usaha pengamanan sebab RMS Carpathia sukses selamatkan 705 orang yang selamat serta menumpang 20 sekoci Titanic.

Suar matahari yang kuat dapat menyebabkan bahaya serta kerusakan yang relevan. Diantaranya Carrington Moment yang berlangsung di tahun 1859 dimana suar matahari yang paling kuat mengganggu jaringan telegram di penjuru dunia.


Postingan populer dari blog ini

Cara Unik Christian Sugiono Kenalkan Sains ke Anak dengan Mikroskop. Sampai Beli Meteorit Asli!

Ilmuwan Dituduh Sekongkol dengan China Tutupi Asal Virus Corona